Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Menumbuhkan jiwa Kemanusiaan dalam Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Universitas Muslim Indonesia (KSR PMI UMI), mejalani serangkaian kegiatan fisik mulai pagi/sore, Berlangsung Senin, 28 Februari – Jumat, 11 Maret 2022. Yang di latih langsung oleh Departemen Tanggap Darurat, dari Pengurus harian KSR PMI UMI.

Menjaga kondisi fisik agar tetap sehat dan bugar sangatlah penting bagi setiap orang apalagi bagi orang yang suka berkegiatan di alam bebas. Sehat dan bugar di dapat tidak hanya dari asupan makan dan istirahat yang cukup saja tetapi harus dibarengi dengan olahraga.

Olahraga bukanlah hal yang asing karena semua orang melakukannya, hanya kadang dalam melakukannya banyak orang yang belum memahami rumusnya, artinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan olahraga seperti dengan menggunakan konsep FITT (Frekuensi Intensitas Time Type). Apa itu FITT?

1. F = Frekuensi. Kepadatan latihan (jadwal latihan) sebagaimana umumnya orang mempunyai frekuensi olah raga paling tidak tiga sampai lima kali dalam seminggu.
2.I = Intensitas. Berat ringannya latihan yang biasanya terbagi dalam intensitas rendah, sedang, dan tinggi. Latihan ini harus berdasarkan kemampuan tubuh dalam melakukannya. Lakukanlah secara bertahap.

3.T = Time. Lamanya waktu dalam berolahraga, lamanya latihan berhubungan dengan intensitas yang artinya bila intensitas berat maka waktunya singkat dan sebaliknya.

4.T = Type. Jenis atau bentuk latihan seperti apa yang cocok untuk kebutuhan, apakah aerobik, anaerobik atau keduanya.

Dari konsep latihan diatas pada dasarnya bertujuan agar latihan fisik yang dilakukan memberikan dampak positif dengan bertambahnya kualitas dan fungsional tubuh serta dapat menerapkan latihan sesuai dengan kebutuhannya.

#diklatsarxxii #ksrpmiumi #salamkemanusiaan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY