Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

ORGANISASI kemanusiaan Korps Sukarela Palang Merah Indoneia Unit Universitas Muslim Indonesia (KSR PMI UMI) Makassar kembali mengadakan kegiatan tingkat Nasional, yaitu kegiatan dengan tema “Emergency Medical Responder” yang dilaksanakan pada Agustus 2016.

Salah-satu kegiatan besar yang merupakan program kerja pada kepengurusan periode 2015-2016 KSR PMI UMI. Kegiatan nasional kali ini dengan tema “Emergency Medical Responder” yang dilaksanakan pada Agustus 2016 berlangsung didua tempat yaitu kota Makassar dan kota Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Pelatihan manajemen kesiapsiagaan tim Pertolongan Pertama Emergency Medical Responder 2016 memfokuskan pada manajemen peralatan tim pertolongan pertama, pengembangan keterampilan, penanganan korban massal dengan kurikulum terbaru (American Heart Assosiation 2015).

Tidak tanggung-tanggung, Pelatihan Nasional kali ini menghadirkan pemateri berlisensi Internasional, bapak Irwan Hidayat Hakim selaku General Superintendent Emergency Preparedness dan Response OH & S Division PT. Freeport Indonesia.

Sedikit mengulas tentang bapak Irwan Hidayat Hakim, beliau dengan segudang prestasi dan lisensi bertaraf Nasional dan Internasional di Bidang Emergency Medical Response. Selain itu, kegiatan ini juga bekerjasama dengan PMI Kota Makassar, Pemda Bantaeng dan Brigade Siaga bencana Kabupaten Bantaeng.

Mengapa pelatihan ini perlu diadakan ?
Bencana merupakan suatu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat, baik karena faktor alam maupun non alam yang dapat menimbulkan adanya korban jiwa, kerusakan lingkungan hidup, kerugian harta benda serta dapat berdampak pada psikologi seseorang.

Kita sama-sama mengetahui bahwa bencana itu bisa datang kapan dan dimana saja bahkan dapat menimpa siapa saja. Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini, diharapkan dapat membekali relawan kemanusiaan dari kalangan mahasiswa dengan kemampuan dan keterampilan pertolongan pertama yang dibutuhkan dan sanggup dalam menghadapi berbagai macam situasi bencana di Indonesia.

Tempat Pelatihan

Pelatihan Nasional Emergency Medical Responder 2016 berlangsung didua tempat, yaitu Kota Makassar dan Kota Bantaeng, Sulawesi Selatan. Kegiatan pembukaan berlangsung di kampus II Universitas Muslim Indonesia Makassar, selanjutnya di Kota Bantaeng.

Bantaeng adalah sebuah Kabupaten yang terletak dibagian ujung selatan Pulau Sulawesi. Kalau kita berkunjung ke Bantaeng, kita akan menemukan sebuah kota yang bersih dan tertata apik.
Bantaeng saat ini merupakan Kabupaten percontohan skala Nasional, dalam 7 tahun terakhir Bantaeng mengalami perkembangan pesat diantara Kabupaten lainnya di Indonesia. selain terkenal dengan kebersihan kota, kekayaan alam dan sektor pariwisatanya, Bantaeng juga terkenal dengan Tim Medisnya
“Brigade Siaga Bencana (BSB) Bantaeng”, tim rescue yang menjemput pasien jika terjadi keadaan gawat darurat di masyarakat.

Pada pelatihan kali ini, selain belajar kita juga akan diajak untuk lebih mengenal budaya dan tempat-tempat wisata yang ada di kota Makassar dan Kota Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY